Sunday, May 24, 2015

Apa Menu Sehat Sesuai Golongan Darah?

Apa Menu Sehat Sesuai Golongan Darah - Perhatikan orang-orang di sekeliling Anda, ada yang bergolongan darah O, A, B atau AB, bukan? Perbedaan itu terkait dengan teori evolusi. Jika menilik asal terjadinya, sekita 50.000--25.000 tahun SM, nenek moyang memiliki tipe darah yang sama, yaitu O. Mereka adalah pemburu sejati sehingga makanan pokoknya daging. Selanjutnya, sekitar tahun 25.000--15000 SM, gaya hidup manusia berubah dari pemburu menjadi peramu, kemudian agraris sehingga muncullah tipe darah A sebagai penyesuaian terhadap kebiasaan baru. Akibat percampuran dari berbagai ras dan terjadinya migrasi dari Afrika ke Eropa, Asia, dan Amerika, muncul tipe darah B, sedangkan tipe AB paling terakhir muncul.

 Menu Sehat Sesuai Golongan Darah
Menu Sehat
Sumber Gambar : ndukicha.blogspot.com
Jika direnungkan, Tuhan menciptakan ragam golongan darah ada maksudnya. Dr. Peter J. D'Adamo, ahli naturopatis dari Amerika Serikat, yang melakukan riset bertahun-tahun menemukan bahwa setiap makanan yang dikonsumsi memiliki reaksi berbeda terhadap yang dikenal dengan nama lektin yang berperan berbeda bagi tiap-tiap sel darah yang sudah diprogram secara genetis untuk menerima atau menolak protein-protein tersebut. Jika bahan makanan mengandung lektin yang tidak sesuai dengan golongan darah maka lektin akan menyerang salah satu organ atau sistem tubuh, termasuk pembuluh darah sehingga menyebabkan penggumpalan darah.

Diet yang tidak sesuai dengan golongan darah dapat menggangu aktifitas sel di organ-organ tubuh tertentu. Selain itu, zat gizi menjadi tidak terserap secara baik. Zat makanan yang seharusnya berfungsi sebagai penyumbang nutrisi bagi tubuh, malah cenderung menyebabkan obesitas dan penyakit lain, mulai dari sistem pencernaan, daya tahan tubuh, bahkan metabolis tubuh secara keseluruhan. akhirnya penyakit kronis dan degeneratif, seperti hiper kolestrol, tekanan darah tinggi dan rendah, kegemukan dan penurunan berat badan, diabetes melitus, kanker, jantung, asam urat, radang usus besar, anemia, stres, dan depresi sering menghampiri.

Oleh karena itu, setiap golongan darah memiliki ke khasan dalam menerima setiap makanan yang dikonsumsi. Sebagian makanan bermanfaat untuk golongan darah tertentu, tetapi belum tentu bermanfaat bagi golongan darah lain.. Dari hasil riset, diperoleh tiga kategori makanan menurut dampaknya bagi tubuh , yaitu bermanfaat, netral dan merugikan. Kelompok makanan yang bermanfaat memiliki khasiat sebagai obat. kelompok makanan netral tidak merugikan, justru mengandung zat gizi yang bermanfaat untuk keseimbangan konsumsi makanan anda. Namun, hindari kelompok makanan yang merugikan karena beraksi seperti racun.




No comments:

Post a Comment