Monday, May 25, 2015

Panser Anoa, Kendaraan Tempur Kebanggaan Indonesia


Tahun 2015, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memesan sejumlah 14 unit Panser Anoa. Kendaraan Taktis (Rantis) buatan PT Pindad (Persero) yang dipesan dengan kelir putih dan tulisan "UN" ini sebelumnya telah dibeli sebanyak 46 unit.
Panser Anoa, Kendaraan Tempur Kebanggaan Indonesia
Sumber Gambar : Tribunnews.com

Untuk mencapai keberhasilan dunia Internasional, jalan panjang dan berliku telah dilalui PT Pindad. Kendaraan angkut personel ini  dikembangkan untuk menjawab tantangan Panglima TNI saat itu, Jenderal Endiartono Sutarto.

Menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), pada tahun 2005, Pindad merancang panser 6x6 yang berbasis truk Perkasa buatan PT Texmaco. Panser 6x6 pertama dengan kode APS1-V1 ini pun dinamai "Si Jablay".

Penamaan "Si Jablay" dikarenakan karyawan yang terlibat proyek ini meluangkan waktu lebih dan merunjuk pada lagu yang sedang tren saat itu. Seperti yang disampaikan Direktur Teknologi dan Pengembangan, Ade Bagdja, yang tertulis di buku "Pijakan untuk Kemandirian Alutsista" 30 Tahun PT Pindad.

"Pada tahun itu (2008), kami hanya mendapat libur 1,5 hari. Sehari Idul Fitri, setengah hari Idul Adha. Bahkan, saya dan ada beberapa yang lain sempat dibekali koper oleh istri karena hanya pulang ke rumah untuk mandi dan makan saja," tutur Ade.

Kini Panser Anoa buatan PT Pindad telah mendapat pengakuan dari PBB dan dibeli oleh beberapa negara lain seperti Malaysia, Brunei dan beberapa negara lainnya. Selain itu, sejumlah negara juga tertarik untuk memesan seperti Nepal, Irak, Bangladesh, Pakistan, dan beberapa negara lainnya.

Anoa menggunakan badan dengan desain monokok berlapis baja tahan peluru dengan sistem suspensi batang torsi. Panser Anoa memiliki beberapa varian yakni, Komando, Ambulans Logistik (untuk amunisi, pionir, dan bahan bakar), recovery, mortir, dan intai.

Panser Anoa sudah menggunakan hampir 65 persen komponen dalam negeri, seperti suspensi dan body hull di desain dan di produksi PT Pindad sendiri. Renault memasok jantung pacu Anoa yakni mesin diesel turbocharged MIDR 062045 yang berkekuatan 320 tenaga kuda dan transmisi Otomatis ZF S6HP502, 6 maju, 1 mundur.

Sumber : liputan6.com

No comments:

Post a Comment